Rabu, 22 Februari 2012

IP dan Softskilll

Mungkin banyak mahasiswa atau orang bertanya tentang apa sih itu IP atau apa sih itu maksudnya softskill?terus ada juga yang bertanya lebih penting mana IP atau softskill dalam dunia kerja.
Baik sekarang kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian keduannya. Yang pertama yaitu IP, IP adalah singkatan dari indeks prestasi, biasanya IP dikeluarkan oleh jurusan bagi setiap mahasiswa sebagai hasil belajar mahasiswa tersebut selama 1 semester. IP dapat diperoleh dari perhitungan nilai kita sehari-hari,nilai UTS, UAS atau nilai kuis sehari-hari. Sedangkan softskill adalah ilmu yang kita dapatkan secara pribadi dan tidak didapatkan dlam bentuk nilai. Softkill meliputi sikap kita terhadap lingkungan, kreativitas, sopan santun,perilaku kita sehari-hari serta kemamuan kita dalam berorganisasi.
Dari kedua definisi tersebut dapat kita simpulkan perbedaan antara kedua hal tersebut yaitu bahwa IP dpat berupa nilai yang nyata sedangkan softskill tidak dapat digambarkan dalam nilai tapi pengaruhnya besar karena mencakup akhlak kita dalam kehidupan.
Banyak dosen atau orang –orang yang berkata bahwa IP harus menjadi prioritas utama dalam kuliah karena IP dapat menjadi acuan kita dalam kerja, mendapatkan beasiswa atau melanjutkan kuliah, tapi tidak sedikit juga orang-orang yang mengatakn bahwa softskill kita harus bagus sebgai mahasiswa dan menjadi mahasiswa yang kreatif dan pandai berprestasi. Mereka bilang percuma IP gede tapi tidak bisa berbuat apa-apa dan hanya terpaku terhadap mata kuliah sedangkan tidak melihat dunia luar dan . pengetahuan yang terdapat.
Tapi bagaimanapun juga kita harus seimbang dalam mendapatkan kedua hal tersebut, jika kita mendapatkan IP yang bagus ditambah softkill yang mumpuni tentu saja hal tersebut akan baik bagi kita dalam menapa masa depan. Akan tetapi kita juga jangan sampai dikarenakan harus mencapai IP yang besar kita harus menggunakan cara cara yang salah untuk mendapatkannya, seperti mencontek, lihat catatan kecil dan sebagainya. Tentu hal tersebut dpat merusak pribadi kita sendiri walaupun hasil yang didapatkan akan lebih besar dari hasil kita sendiri. Bagaimanapun juga hasil yang didapat dengan hasil sendiri akan lebih terasa indah dibandingkan hasil yang bagus tapi dengan jalan salah. Mengerjakan segala sesuatu dengan jujur juga merupakan salah satu nilai dalam softkill sehingga dapat berpengaruh dalam pembentukan karakter kita ke depan
Sehiingga dapat kita simpulkan bahwa dalam menjalani kuliah ini kita harus bisa menjadi mahasiswa yang berpprestasi dengan bukti mendapatkan IP tinggi dengan hsil usaha sendiri dan membangun softskill kita sebagai seorang mahasiswa.
Semangat untuk semua kaum pemuda :D



0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget