Jumat, 24 Februari 2012

Keunikan Atom Karbon

 Senyawa karbon sendiri jumlahnya sangat banyak dialam, jumlahnya bias mencapay jutaan hal itu dikarenakan adanya isomer dari setiap senyawa karbon. Salah satu keistimewaan dari atom karbon juga yaitu unsure tersebut terletak di golongan IV A.
A.      Karbon mempunyai 4 elekron valensi
4 elektron valensi yang dimiliki atom karbon memiliki keistimewaan yaitu dapat membentuk 4 ikatan kovalen. Unsur dari golongan lain tidak dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak itu kecuali jika melebihi konfigurasi octet. Boron dan nitrogen hanya dapat membentuk 3ikatan kovalen. Karbon sendiri dapat memebentuk 4 ikatan kovalen dengan beberapa unsure logam dan beberapa unsure unsure non logam seperti nitrogen, hydrogen dan dengan unsure golongan halogen.
B.      Atom karbon relative kecil
Sesuai dengan periode nya yaitu periode 2 atom karbon memikiliki nomor atom atom yang relative kecil, hal tersebut memberikan beberapa keuntungan diantaranya:
1.       Ikatan kovalen yang dibentuk karbon relative kuat
2.       Karbon dapat membentuk ikatan rangkap dan ikatan rangkap tiga
Dapat dikatakan bahwa kekuatan ikatan kovalen bergantung pada besarnya jari-jari atom yang berikatan. Semakin besar jari-jari atom semakin besar ikatan yang dibentuknya. Sementara ikakatan rangkap hanya dapat dibentuk oleh atom yang relative kecil, yaitu unsure periode kedua dan beberapa unsure periode ketiga. Unsure periode keempat tidak dapat membentuk ikatan rangkap.

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget