Jumat, 28 Desember 2012

Tingkat Akhir analis kimia?pekerjaan sudah menunggumu di sana !!


           Bagi yang sedang studi Semester ke 5 atau tingkat akhir bagi Diploma 3 Politeknik Negeri Bandung, mungkin saat ini sedang merasakan "nikmatnya" Menjadi mahasiswa. Definisi "Nikmat " disini tentu ada maknanya, Tugas-tugas Numpuk, persiapan Kerja praktek, Belum lagi penyusunan . :DTugas akhir, dll. Sehingga mahasiswa tingkat seringkali menyerukan/berdoa "Tuhan juga bersama mahasiswa tingkat akhir".

          Untuk semua mahasiswa tingkat akhir, tentu pertanyaan yang paling sering keluar dari benaknya adalah“kapan lulus?”. Kemudian datang secara beruntun dengan pertanyaan kedua “setelah lulus mau kemana?”.Kerja dulu atau kuliah?atau nikah dulu? hehehe. Lalu pertanyaan yang menuntut jawaban jujur dan reflektif “biasanya, lulusan kita kemana aja setelah lulus?” .
Nah khusus untuk mahasiswa tingkat akhir analis kimia, ada hasil kuesioner menarik yang mungkin bisa menjadi referesnsi bagi yang mau melanjutkan ke dunia kerja.
          IPB(Instititut Pertanian Bogor)  telah melakukan penyebaran kuesioner terhadap 78 industri dan 24 balai penelitian yang terletak di wilayah OKI Jakarta dan Jawa Barat. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa kebutuhan tenaga lulusan D3 Kimia Analis rata-rata sebanyak 4 orang per perusahaan/lembaga. Pada umumnya alasan yang diberikan adalah untuk pengembangan perusahaan/lembaga dibutuhkan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan tinggi dan dapat bekerja mandiri. Setiap tahun kurang lebih ada 12 lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan swasta untuk sekitar 30 orang lulusan dan sekitar 6 orang mendapat tawaran kerja saat melakukan Praktik Kerja Lapangan. Lulusan D3 Kimia Analisis dapat bekerja di berbagai sektor seperti yang ditunjukkan pada tabel. 

Data Perkiraan Kebutuhan Tenaga Kerja D3 Kimia Analisis sampai Tahun 2010

Tahun

Jumlah Perusahaan Kimia/ Lembaga

Kebutuhan tenaga D3 Kimia Analis
2002
1170
4680
2004
1270
5080
2006
1370
5480
2008
1470
5880
2010
1570
6280

*Data diolah dari berbagai sumber       
           Kebutuhan akan tenaga kerja Kimia Analisis terus meningkat seiring dengan perkembangan industri di Indonesia, sehingga dunia usaha baik pemerintah maupun swasta makin membutuhkan keahlian tersebut di Indonesia.
Gambaran tersebut menunjukkan baik pemerintah maupun masyarakat / swasta perlu menambah daya tampung Perguruan Tinggi khususnya pada bidang Kimia Analisis program diploma sebagai dasar dari IPTEK sehingga jumlah kelulusannya sesuai dengan kebutuhan pasar industri (link and match).
  
          Jadi, Persiapkan diri untuk mahasiswa tingkat akhir baik yang mau masuk dunia kerja atau mau lanjut studi ke S1, semuanya itu pilihan. dan persiapkan bagi yang mau kedunia kerja tentunya kemampuan baik hardskill atau softskill, terutama softskill( hehe kata alumni itu juga). Salam semangat untuk yang mahasiswa tingkat akhir, Semoga diberi kemudahan dalam menjalankan tugas tugas dan sisa sisa perjalanan kampus nya. Aamiin
          

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget